SUR'ATUR RIYAH (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG FUNGSI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA PADA KELAS V SD N TLOGOWERU 1. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian ini didorong oleh persepsi siswa bahwa pembelajaran IPA sulit untuk mereka pahami, terutama dalam hal konsep abstrak. Oleh karena itu, perlu dicari metode pembelajaran yang sesuai dengan pertumbuhan dan minat siswa. Pemahaman terhadap ide-ide pembelajaran IPA teoritis dapat diupayakan karena dengan memahami ide-ide tersebut, siswa dapat lebih mengembangkan hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang mengidentifikasi fungsi organ-organ pencernaan manusia bagi peserta didik kelas V pada SD N Tlogoweru 1 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. 2) Untuk mendeskripsikan penggunaan strategi pembelajaran make a match dan penggunaan alat peraga media gambar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan subjek dan setting terhadap 23 siswa kelas V di SD Tlogoweru 1 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan dalam rangka meningkatakan kompetensi dasar mengidentifikasi fungsi organ-organ pencernaan manusia. Berdasarkan analisis hasil observasi selama 2 siklus tindakan dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Dengan menggunakan metode pembelajaran make a match dan penggunaan media gambar, pemahaman peserta didik terhadap materi semakin meningkat. 2) Model pembelajaran ini membuat peserta didik tidak jenuh dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: Pembelajaran make a match, media gambar, meningkatkan hasil belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3276 |