JAT NUR RATRI (2023) IMPLEMENTASI TEKNIK KOREKSI TEMAN SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 JOLOTUNDO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan penggunaan teknik koreksi oleh teman sebaya dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV di SDN 1 Jolotundo. Penelitian ini menggunakan desain pre-test post-test dengan kelompok kontrol, dengan 18 siswa sebagai subjek penelitian. Kelompok tersebut terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes keterampilan menulis karangan narasi dan mengamati kelompok penelitian dengan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik koreksi teman sebaya meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar dalam menulis karangan narasi. Terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada penelitian ini. Persentase siswa yang aktif dalam pembelajaran meningkat dari 33,33% pada studi awal menjadi 100% pada siklus kedua. Selain itu, rata-rata nilai siswa juga meningkat dari 57,78 pada studi awal menjadi 77,22 pada siklus kedua dan tingkat ketuntasan belajar meningkat dari 16,67% pada studi awal menjadi 88,89% pada siklus kedua. Oleh karena itu, teknik koreksi oleh teman sebaya terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menulis karangan narasi di kelas IV SDN 1 Jolotundo.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | koreksi teman sebaya, keterampilan menulis, hasil belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3273 |