Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE JIGSAW SISWA KELAS V SDN REJOAGUNG 02 TRANGKIL PATI

KARNELIA AGENINA (2023) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE JIGSAW SISWA KELAS V SDN REJOAGUNG 02 TRANGKIL PATI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksankan dalam dua siklus, masing-masing siklus melakukan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi bertujuan untuk pertama mengetahui peningkatan keaktifan belajar matematika dengan menggunakan metode Jigsaw. Kedua, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Subjek penelitian terdiri dari peneliti dan penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw dan hasil belajar siswa sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas. Sementara objeknya adalah siswa kelas V SDN Rejoagung 02 Kecamatan Trangkil Kota Pati berjumlah 12 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa penggunaan metode Jigsaw dapat meningkatkan keefektifan dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Rejoagung 02 Kecamatan Trangkil Kota Pati yaitu peningkatan keaktifan belajar siklus I sebesar 67% kategori cukup dengan nilai rata-rata 73 sementara di siklus II sebesar 95% kategori baik sekali dengan rata-rata 85. Peningkatan hasil belajar siklus I sebesar 67% kategori cukup dengan nilai rata-rata 70 sementara di siklus II sebesar 92% kategori baik sekali dengan rata-rata 85 kategori baik.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, , jigsaw, keaktifan, matematika
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3271

Actions (login required)

View Item
View Item