KHOSI'ATUN KHOIRIYAH (2023) Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Model Problem Based Learning dengan pendekatan Realistic Mathematic Education. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan observasi pembelajaran matematika kelas IV di SDN 1 Babadan diketahui bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penyebabnya adalah siswa malas membaca soal cerita, siswa kurang memahami maksud soal, siswa bingung menentukan operasi hitung yang digunakan, dan guru masih menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Realistic Mathematic Education. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 20 siswa kelas IV SDN 1 Babadan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pictogram dan diagram batang di kelas IV SDN 1 Babadan. Hal ini dilihat dari peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan menyelesaikan soal cerita pada tahap prasiklus sebesar 40,5 (tuntas 30%); siklus I meningkat menjadi 72,25 (tuntas 65%); dan siklus II meningkat menjadi 82,5 (tuntas 75%).
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Soal Cerita, Problem Based Learning, Realistic Mathematic Education |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3269 |