ISTNA LUTHVIANA RAHMAN (2023) IMPLEMENTSI PENGGUNAAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI KURYOKLANGAN 02 TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kuryokalangan 02 dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Penggunaan metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas III SD Negeri Kuryokalangan 02 Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek dari penelitian ini merupakan siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa. 20 siswa tersebut akan diberikan pembelajaran dengan penggunaan metode Drill. Metode Drill merupakan metode pengumpulan data menggunakan tes atau latihan dengan instrumennya berupa prestasi belajar sisiwa. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan kajian pustaka. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan 5 artikel jurnal, dapat disimpulkam bahwa penggunaan metode drill berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Dalam pengimplementasiannya, metode Drill memiliki kelebihan peserta didik akan menggunakan daya pikirnya dengan pengajaran yang baik, bahan ajar yang diberikan akan lebih kokoh dalam ingatan anak, adanya bimbingan dan pengawasan serta koreksi yang secara langsung dari guru. Selain kelebihan juga muncul kelemahan dari penggunaan metode drill yaitu perkembangan kemampuan inisiatif peserta didik menjadi terhambat, sehingga akan timbul akibat dari peserta didik tidak bisa berkembang, hal ini terjadi karena siswa selalu dituntut untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai rencana pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Matematika, hasil belajar, metode drill, , dan sekolah dasar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3264 |