FATIA MAIMANATI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PELAJARAN IPS MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MATERI PAHLAWAN REVOLUSI KELAS IV MI TARBIYATUL ISLAMIYAH KEDUMULYO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan mempunyai peranan penting dalam perkembangan dan kelangsungan hidup bangsa, dengan demikian pendidikan harus terlaksana dengan baik Sama hal nya dengan mempelajari pelajaran IPS siswa dapat mengetahui ilmu social dan sejarah masa lampau. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah upaya mengatasi kesulitan siswa dalam memahami pelajaran IPS materi pahlawan revolusi di kelas suapaya siswa mudah dalam menerima pelajaran. Analisis model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan berpengaruh terhadap hasil pembelajaran yang akan dicapai. Salah satu mata pelajaran yang menuntut penggunaan model pembelajaran yang sesuai adalah mata pelajaran. Dalam mengidentifikasi masalah tersebut, berdasarkan masalah yang dirasakan sehari-hari oleh guru didalam kelasnya sendiri melalui refleks semuanya berasal dari masalah siswa, daripada proses pembelajaran, karena aspek ini merupakan aspek yang stategis dan merupakan kunci keberhasilan pendidikan. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan berpengaruh terhadap hasil pembelajaran yang akan dicapai. Salah satu mata pelajaran yang menuntut penggunaan model pembelajaran yang sesuai adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil penelitian menunjukan bahwa meningkatnya hasil belajar anak dalam pembelajaran IPS dan lebih memahami perkembangan sejarah. Penelitian ini dipandang berhasil jika 80% dari jumlah anak menunjukkan perhatian pada kriteria baik.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperatif, STAD |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3263 |