Search for collections on Karya Ilmiah

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Diagram Batang Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tluwuk Pati

PANGESTIA NOVI TRI DEWI (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Diagram Batang Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tluwuk Pati. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada pembelajaran Matematika siswa kelas IV SDN Tluwuk Pati. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV SDN Tluwuk dengan total 17 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Hasil belajar siswa dalam belajar Matematika menurun, hal ini terlihat dari tidak semangatnya siswa ketika masuk pembelajaran Matematika sehingga pada materi pelajaran Bab III mengenai materi Diagram dengan Sub Bab Diagram Batang mengalami penurunan hasil belajar yang dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian sehingga diperlukan perbaikan. Penelitian dilaksanakan dengan rencana Siklus 1 dan Siklus 2 terdiri dari 1) rencana perbaikan pembelajaran; 2) menyiapkan alat guna perbaikan pembelajaran; 3) membuat evaluasi pembelajaran; 4) menyiapkan pedoman pengamatan. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Siklus 1 dan Siklus 2, semangat belajar siswa meningkat sehingga hasil belajar siswa pun meningkat. Pada kelas IV SDN Tluwuk Pati menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching mampu meningkatkan semangat belajar siswa sehingga hasil belajar siswa pun meningkat.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Quantum Teaching, Diagram Batang
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3260

Actions (login required)

View Item
View Item