Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN MODEL TGT BERBANTUAN MEDIA JAMAN PADA MATERI SATUAN WAKTU TEMA 6 KELAS 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI GEBANGANOM

MASRUROH (2023) PENGGUNAAN MODEL TGT BERBANTUAN MEDIA JAMAN PADA MATERI SATUAN WAKTU TEMA 6 KELAS 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI GEBANGANOM. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi proses pembelajaran, mengetahui perubahan hasil belajar serta sikap siswa selama kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan proses pembelajaran serta kuantitatif untuk membandingkan perubahan hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan TGT. Ada tiga instrumen untuk pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan hasil belajar siswa dimana sebelum menggunakan metode TGT hanya 12,6% siswa yang lulus KKM. Kemudian meningkat menjadi 100% atau meningkat 87,5%, Nilai KKM yang ditetapkan adalah 70. Dari daftar observasi terlihat bahwa siswa mengalami perubahan sikap positif (lebih perhatian, semangat, percaya diri, trengginas, dan bekerjasama) terhadap pembelajaran. Dari hasil wawancara setelah proses pembelajaran siswa merasa lebih senang, puas, suka, dan lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran. Kesimpulannya adalah bahwa penggunaan metode TGT berbantuan media Jaman dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa yang lulus KKM meningkat dari 65,5 menjadi 83,22 atau meningkat 17,67.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model TGT, Media Jaman, Hasil Belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3257

Actions (login required)

View Item
View Item