Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI JASA DAN PERAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS V SDN KEDALINGAN 02 TAMBAKROMO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ARIS PRANOTO (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI JASA DAN PERAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS V SDN KEDALINGAN 02 TAMBAKROMO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini berawal dari rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kedalingan 02 khususnya mata pelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas dan mengoptimalkan penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kedalingan 02 tahun pelajaran 2022/2023 pada mata pelajaran IPS materi jasa dan peran tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitan Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan di SD Negeri Kedalingan 02 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati dengan tahap pelaksanaannya terbagi menjadi dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 24 April 2023, siklus II dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2023. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif kemudian hasilnya dianalisis secara deskriptif komparatif. Hasil awal penelitian ini yaitu pada pembelajaran pra siklus diperoleh nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 63,1 dengan ketuntasan belajar (33%) dari KKM yang ditentukan (75%). Setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran melalui siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata yaitu 73,7 dengan ketuntasan belajar (50%). Selanjutnya, siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata yaitu 81,8 dengan ketuntasan belajar (88%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kedalingan 02, pada mata pelajaran IPS materi pokok jasa dan peran tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : hasil belajar, IPS, jigsaw.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3253

Actions (login required)

View Item
View Item