VERONIKA ESTRI MODAYANTI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PENERAPAN MODEL NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) BAGI PESERTA DIDIK KELAS V SDN 5 KANCILAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Selepas melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia materi iklan pada peserta didik kelas V SDN 5 Kancilan, ada banyak kekurangan yang dirasakan oleh penulis yaitu masih rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini dikarenakan pemahaman peserta didik pada materi tersebut kurang terserap dengan baik. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan metode pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi iklan berbantuan media poster pada peserta didik kelas V SDN 5 Kancilan ? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 5 Kancilan. Metode penelitian yang diterapkan untuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metode pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Penelitian akan dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah paling sedikit 96,15% prestasi belajar peserta didik lebih dari KKM yang telah ditentukan yaitu 65. Peningkatan prestasi belajar peserta didik ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas peserta didik dari 59,5 pada pra siklus menjadi 91, 3 pada siklus 2. Sedangkan peningkatan prosentase ketuntasan belajar terjadi dengan meningkatnya prosentase ketuntasan dari 43% pada pra siklus menjadi 100% pada siklus 2.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, NHT (Numbered Heads Together) |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3251 |