Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Sederhana Dengan Metode Drill And Practice untuk Meningkatkan Pada Siswa Kelas 1 SD Widya Kirana

RINA EKO YULIYANTI (2023) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Sederhana Dengan Metode Drill And Practice untuk Meningkatkan Pada Siswa Kelas 1 SD Widya Kirana. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian sederhana dengan metode drill and practice. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Subyek dari penelitian ini adalah kelas I SD Widya Kirana dengan jumlah siswa sebanyak 12 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil presentase ketuntasan pada Pra Siklus sebesar 8%, pada Siklus I meningkat sebesar 42%, pada Siklus II meningkat 92%. Hasil penelitian dari peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian sederhana dengan metode drill and practice pada siswa kelas 1 SD Widya Kirana, sudah terlaksana cukup baik pada Siklus I dan meningkat pada Siklus 2. Metode ini dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran matematika terutama pelajaran perkalian. Langkah-langkah guru untuk menerapkan sudah tepat. Selama penggunaan metode drill and practice siswa memperhatikan, selain itu siswa juga memahami yang disampaikan guru dengan mudah. Kesimpulannya bahwa penerapan metode drill and practice dapat meningkatkan materi perkalian sederhana pada siswa kelas 1 SD.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Matematika, Metode, Peningkatan, Perkalian, Drill and Practice.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3247

Actions (login required)

View Item
View Item