SITI AMBARWATI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II SD NEGERI SUWATU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian ini dilakukan karena dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa yang menyebabkan peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi perkalian siswa kelas II SD Negeri Suwatu Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Negeri Suwatu Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati yang berjumlah 19 siswa. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan menggunakan prosedur PTK. Dimana setiap siklus terdapat empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yang sangat signifikan. Pada tahap pra siklus adalah 63,2% tidak tuntas dan 36,8% tuntas. Pada siklus 1 hasilnya 57,8% tuntas dan 42,2% tidak tuntas. Kemudian dilakukan perbaikan pembelajaran siklus 2 dan diperoleh hasil yang memuaskan yaitu ketuntasannya mencapai 89% dan 11% tidak tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas II SD Negeri Suwatu Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati Tahun pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Hasil belajar, Media gambar, Perkalian |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3242 |