Search for collections on Karya Ilmiah

peningkatan hasil belajar siswa materi bilangan cacah melalui model pembelajaran CTL pada siswa kelas II SD Muhammadiyah 12 Semarang

RAHMA LIKA INAS ZHAFIROH (2023) peningkatan hasil belajar siswa materi bilangan cacah melalui model pembelajaran CTL pada siswa kelas II SD Muhammadiyah 12 Semarang. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran matematika di SD bertujuan agar siswa mampu mengembangkan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis dan kreatif mampu bekerja sama. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penggunaan model pembelajaran Contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri empat tahap, yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah 12 Dengan jumlah siswa kelas II sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki – laki dan 7 siswi perempuan. Pada pembelajaran matematika materi bilangan cacah kelas II SD Muhammadiyah 12 menunjukan hasil belajar siswa pada penelitian pra siklus menunjukan ketuntasan klasikal sebesar 44% (9 siswa). Hasil perbaikan pembelajaran siklus I mengalami peningkatan hasil belajar siswa menunjukan ketuntasan klasikal sebesar 56% (7 siswa). Pada siklus II pencapaian hasil belajar siswa menunjukan ketuntasan klasikal sebesar 82% (16 orang ). Hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I, siklus II pada pembelajaran pecahan senilai melalui media power point mengalami peningkatan yang signifikan. Simpulan penelitian ini membuktikan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bilangan cacah pada kelas

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil belajar,pecahan senilai, pembelajaran CTL
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3241

Actions (login required)

View Item
View Item