Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN METODE BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUB TEMA INDAHNYA PERSATUAN DAN KESATUAN NEGERIKU DI KELAS IV SD MA’HAD ISLAM SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MUCHAMAD KHOIRUL IBAD (2023) PENERAPAN METODE BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUB TEMA INDAHNYA PERSATUAN DAN KESATUAN NEGERIKU DI KELAS IV SD MA’HAD ISLAM SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi Proses pembelajaran di SD Ma’had Islam Semarang menggunakan pembelajaran yang bersifat tradisional juga menjadikan selama ini nilai ketuntasan belajar masih jauh dari ideal, karena di lihat dari hasil belajar pada materi luas bangun datar berdasarkan hasil ulangan harian nilai ketuntasan belajar matematika dengan KKM 70 hanya berkisar 50% dari seluruh jumlah siswa kelas IV SD Ma’had Islam Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023, rata-rata siswa belum memahami cara tema indahnya persatuan dan kesatuan negeriku, seharusnya KKM yang diperoleh oleh siswa adalah 70% - 80% dari jumlah seluruh siswa.. Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi hasil belajar hasil belajar sub tema indahnya persatuan dan kesatuan negeriku menggunakan metode bermain jawaban di kelas IV SD Ma’had Islam Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023, hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu adanya peningkatan per siklusnya dimana pada pra siklus 13 siswa atau 59% mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 17 siswa atau 77% dan pada siklus II ada 20 siswa atau 91%. Demikian juga dengan keaktifan siswa dalam mengikuti proses metode bermain jawaban pada pembelajaran sub tema indahnya persatuan dan kesatuan negeriku di kelas IV SD Ma’had Islam Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023 pada kategori baik dan baik sekali juga meningkat persiklus yaitu pada siklus I ada 15 peserta didik atau 67% mengalami kenaikan pada siklus II yaitu ada 19 peserta didik atau 86%, ini berarti indikator yang ditetapkan yaitu 80% ke atas terpenuhi.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penerapan, Metode Bermain Jawaban, Meningkatkan Hasil Belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3240

Actions (login required)

View Item
View Item