MUKHSHONAH (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Sempoa pada Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah 3 Pekajangan. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya hasil belajar pada pembelajaran matematika perkalian dan pembagian bukan hanya karena kurangnya minat siswa dalam belajar, tetapi ada faktor lain yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. sepertia penggunaana mediaa pembelajarana yanga tidak membuat siswa lebih aktif. Dilihat dari hasil rerata nilai ulangan harian materi perkalian padaa siswaa kelasa II SD Muhammadiyah 3 Pekajangan tahun pelajaran 2022 belum belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah yaitua 70 terhitung daria 27 siswaa 59,24 % nya belum tuntas. Bertolak dari persoalan tersebut, sangat dibutuhkan pembelajaran dimana dalam proses pembelajaran tersebut siswa berperan aktif dan diperlukan mediaa pembelajaran yang sesuai yaitu pembelajaran matematika yang berpusat pada siswa untuk secara efektif meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini mediaa pembelajarana yang digunakan adalah sempoa. Menggunakan media pembelajaran sempoa diharapkana akana meningkatkana minata dana hasil belajar siswaa di SD Muhammadiyah 3 Pekajangan. Hasil perbaikan pembelajaran siswa mata pelajaran matematikaa dengana menggunakana mediaa pembelajaran sempoaa padaa Siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 3 Pekajangan semester I Tahun Ajaran 2022/2023 mengalami kenaikan dari prasiklus dengan hasil rata–rata nilai hanya 40,72%, pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai mencapai lebih dari ketuntasan klasikal 80,56% dan melngalami peningkatan pula pada siklus II yakni rata-rata mencapai 88,10%.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar matematika, sempoa |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3232 |