GISTA RERIYANDINI (2023) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP UKURAN BERAT BENDA MENGGUNAKAN MEDIA TIMBANGAN PADA ANAK KELOMPOK TK BKB FIRDAUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep ukuran berat benda menggunakan media timbangan . Masalah dalam penelitian dirumuskan sebagai berikut : (1) Apakah anak tertarik, bersemangat dan ingin mengulangi lagi ketika belajar pemahaman konsep ukuran berat benda melalui media timbangan? (2) Apakah melalui pemanfaatan media timbangan mampu meningkatkan pemahaman konsep ukuran berat benda pada anak di kelompok TK B2 KB Firdaus?Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas maka peneliti menarik kesimpulan bahwa melalui media timbangan dapat meningkatkan pemahaman konsep ukuran berat benda pada anak di kelompok TK B2 KB Firdaus Kabupaten Kudus. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase dari pelaksanaan Tindakan pada siklus 1, dan siklus 2. Peningkatan pemahaman konsep ukuran berat benda anak ditunjukkan dari prosentase pada siklus I adalah 77,5%, dan meningkat pada siklus II sebesar 86.75%. begitu pula untuk nilai ketuntasan juga meningkat dari siklus I yang mencapai 65% meningkat pada siklus II menjadi 85%.Proses penerapan dengan media timbangan dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep ukuran berat benda dan siswa terlihat sangat antusias sehingga menunjukkan peningkatan yang sangat baik. Dengan demikian media timbangan dapat meningkatkan pemahaman konsep ukuran berat benda pada anak kelompok TK B KB Firdaus Kudus.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Media Timbangan, Konsep Ukuran Berat Benda |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3228 |