RINI HINDRASWARI (2023) PENGENALAN ANGKA MELALUI MEDIA LOOSE PARTS PADA ANAK USIA DINI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengenalan angka melalui media loose parts pada anak usia dini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan mengenal angka dengan menggunakan media loose parts yang variative, sehingga dapat memotivasi minat anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (Classroom actions research). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tehnik observasi dan dokumentasi, instrument yang digunakan dengan menggunakan lembar observasi. Untuk dokumentasi menggunakan kamera foto/ kamera HP untuk mendokemntasikan segala aktivitas yang perlu disokumentasikan selama kegiatan belajar, hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan mengenal angka pada anak usia dini dapat berkembang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan awal mengenal angka, dari 21 anak ada sekitar 15 anak yang belum paham tentang angka. Perkembangan mengenal angka dengan indicator menyebutkan urutan angka pada pra siklus sebanyak 2 anak (0,95%), siklus I sebanyak 10 anak (47,6%), dan siklus II sebanyak 15 anak (71,5%). Indikator Menunjukan Bilangan pada pra siklus sebanyak 2 anak (0,95%), siklus I sebanyak 7 anak (33,3%), dan siklus II sebanyak 9 anak (42,9%). Indikator mengenal konsep bilangan dengan membilang benda pada pra siklus sebanyak 1 anak (0,47%), siklus I sebanyak 9 anak (42,9%), dan siklus II sebanyak 12 anak (57%).sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pengenalan angka dengan media loose parts di kelompok B TK Islam Pangeran Diponegoro dengan nilai capaian indicator 50% dapat dikatan berhasil.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Mengenal angka, loose parts, anak usia dini |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3225 |