SRI WURNIYATI (2023) PENINGKATAN KONSENTRASI ANAK MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BONEKA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami peningkatan konsentrasi belajar anak melalui penerapan metode bercerita menggunakan alat peraga boneka, serta penerapannya sebelum dan sesudah penggunaan metode bercerita. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelompok B2. Umar di TK Islam Pangeran Diponegoro Banyumanik Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam mengumpulkan informasi dan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Ada 20 anak yang berpartisipasi dalam penelitian ini yaitu 12 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan konsentrasi anak kelompok B2. Umar di TK Islam Pangeran Diponegoro Banyumanik Semarang dapat ditingkatkan dengan kegiatan bercerita menggunakan alat peraga boneka. Pada siklus I tingkat konsentrasi anak menunjukkan perkembangan yang diharapkan yaitu meningkat sebesar 67,5% dan pada siklus II konsentrasi anak meningkat menjadi 75%. Dengan adanya perkembangan baik sebelum dan sesudah melakukan kegiatan bercerita menggunakan alat peraga boneka, menunjukkan ketertarikan dan minat anak untuk memusatkan perhatian terhadap kegiatan pembelajaran dengan baik.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | bercerita, konsentrasi, peraga |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3224 |