MUHAMMAD ZAINAL ABIDIN (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR CIRI-CIRI KHUSUS HEWAN DAN HABITATNYA MELALUI DISKUSI KELOMPOK. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena rendahnya minat siswa ketika berdiskusi kelompok. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan media gambar ciri-ciri khusus hewan dan habitatnya melalui diskusi kelompok. Jenis penelitian menggunakan PTK. Subjek penelitian dilakukan pada siswa kelas 6 MI. Jumlah siswa kelas 6 sebanyak 25 anak terdiri dari 12 putra dan 13 putri. Teknik atau cara analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen penelitian menggunakan tes objektif untuk mengukur tingkat pemahaman siswa dan lembar data observasi serta komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama melaksanakan perbaikan melalui diskusi kelompok dan media gambar tentang kaki dan paruh burung dengan materi pokok ciri-ciri khusus hewan dan habitatnya , prestasi siswa dapat meningkat. Selain itu, penggunaan alat peraga juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap materi pelajaran. Alat peraga ini tidak hanya sebagai alat bantu semata, tetapi mampu memberikan sumbangan terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Kemudian dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan alat peraga atau media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan cara diskusi yang digunakan dapat meningkat prestasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prestasi belajar dari pra siklus, siklus I, dan siklus II.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Gambar, diskusi kelompok, IPA |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3220 |