Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Kemampuan Membilang 1-10 Melalui Permainan Tutup Botol Pada Anak Kelompok A Di TK Huda Margo Utomo Laban Tahun Pelajaran 2022/2023

SITI AISAH (2023) Peningkatan Kemampuan Membilang 1-10 Melalui Permainan Tutup Botol Pada Anak Kelompok A Di TK Huda Margo Utomo Laban Tahun Pelajaran 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji sejauh mana keberhasilan permainan tutup botol dalam meningkatkan kemampuan membilang 1-10 pada peserta didik kelompok A di TK Huda Margo Utomo Laban tahun pelajaran 2022/2023. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan secara bertahap sesuai dengan pelaksanaan prosedur umum dan khusus pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus. Manfaat Penelitian Kelas adalah untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran anak, meningkatkan kinerja dan kreativitas guru, meningkatkan mutu pembelajaran sekolah serta hasil peningkatan kemampuan membilang anak dari siklus I mencapai 60 % atau sebanyak 9 anak dari 15 anak sedang siklus II mencapai 80 % atau sebanyak 12 anak dari 15 anak, sesuai dengan harapan peneliti. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah melalui permainan tutup botol dapat meningkatkan kemampuan membilang dalam kegiatan pembelajaran kognitif. Saran yang diajukan diharapkan pelaksanaan penelitian ini dapat membantu guru khususnya guru TK dalam memberikan pembalajaran membilang angka 1-10. ABSTRACTThe purpose of this study was to examine the success of the bottle cap game in increasing the ability to count 1-10 in group A students at Kindergarten Huda Margo Utomo Laban in the 2022/2023 academic year. Implementation of Classroom Action Research is carried out in stages in accordance with the implementation of general and specific learning procedures. Classroom Action Research was conducted in two cycles. The benefits of Classroom Research are to improve children's learning activities, improve teacher performance and creativity, improve the quality of school learning and the results of increasing the ability to count children from cycle I reach 60% or as many as 9 children out of 15 children while cycle II reaches 80% or as many as 12 children from 15 children, according to the expectations of researchers. The final conclusion of this study is that through the bottle cap game can increase the ability to count in cognitive learning activities. The suggestions put forward are that it is hoped that the implementation of this research can help teachers, especially kindergarten teachers, in providing learning to count numbers 1-10.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kemampuan membilang, anak usia 3-4 tahun.Keywords: numeracy skills, children aged 3-4 years.
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3215

Actions (login required)

View Item
View Item