Search for collections on Karya Ilmiah

KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SIDOSARI KECAMATAN KESESI KABUPATEN PEKALONGAN

SOBIRIN (2023) KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SIDOSARI KECAMATAN KESESI KABUPATEN PEKALONGAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPendidikan di sekolah mempunyai tujuan, salah satunya adalah membentuk karakter peserta didik. Kedisiplinan belajar peserta didik merupakan salah satu bentuk dari karakter peserta didik yang baik. Hal tersebut dikarenakan kedisiplinan belajar merupakan modal utama peserta didik untuk mencapai keberhasilan dimasa sekarang maupun yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kedisiplinan belajar peserta didik kelas VA, faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar serta kendala yang dihadapi guru saat menanamkan kedisiplinan belajar pada peserta didik kelas VA.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SD N 01 Sidosari dengan sumber data berasal dari guru kelas VA, peserta didik kelas VA, dan orangtua peserta didik kelas VA. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar peserta didik kelas VA sudah baik. Hal ini dapat terlihat dari ketaatan peserta didik terhadap tata tertib sekolah yang telah dilaksanakan dengan baik, begitupun dengan kedisiplinan belajar di kelas dan kedisiplinan belajar di luar kelas saat di sekolah, serta kedisiplinan belajar peserta didik selama di rumah sudah baik dengan bimbingan dari wali murid atau orang tua. Faktor-faktor yang berpengaruh kedisiplinan belajar peserta didik kelas VA diantaranya adalah faktor internal yang bersumber dari dalam diri peserta didik seperti motivasi dalam belajar dan faktor eksternal yang bersumber dari keluarga, teman, sekolah dan lingkungan masyarakat. Gangguan dalam penanaman sikap disiplin belajar yang dihadapi guru adalah terdapat peserta didik yang melanggar peraturan kelas yaitu membuat gaduh ketika pembelajaran, terlambat masuk kelas setelah istirahat dan peserta didik mengulangi kesalahan yang sama. Upaya yang dilakukan oleh guru ialah memberikan peringatan sebagai hukuman.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, peserta didik, guru
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3213

Actions (login required)

View Item
View Item