Search for collections on Karya Ilmiah

Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Kartini Tahun Ajaran 2022/2023

WAHYU NUR CAHYONO (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Kartini Tahun Ajaran 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menurut Susanto (2013) Pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang dirancang oleh guru untuk mengembangkan berpikir kreatif siswa, yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan meningkatkan kemampuannya membangun pengetahuan baru, berusaha meningkatkan penguasaan materi matematika yang baik. Penerapan matematika pada teori keseimbangan, aljabar, analisis, teori peluang, dan matriks menghasilkan perkembangan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi ini. Penguasaan matematika yang dikenal seperti dini diperlukan untuk menjaga dan melindungi teknologi secara massal. Matematika diajarkan kepada siswa dalam satu sesi untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analitis, sistematis, kreatif, dan berpikir kritis. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada pembelajaran matematika tanggal 10 Mei 2023 di SD Kartini Blora dengan subjek siswa kelas V semester genap ditemukan permasalahan terkait dengan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan tanggapan yang terkait KKM lebih dari 30%. Jika dikaitkan dengan penjelasan pada paragraf sebelumnya, tentu saja penjelasan pelelejaran matematika yang berlangsung saat ini masih belum berhasil. Penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan Pretest-Posttest Control Social Event Plan. Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan kelas kontrol awal dan kelas eksperimen atau antara kemampuan kelas kontrol dan kemampuan identik awal, digunakan desain ini. Instrumen yang digunakan untuk keperluan deskripsi adalah yang disebut pretest dan posttest. . Jika sig. (2-followed) lebih besar dari 0,05, maka pesan akan ditampilkan. Sig. Nilai ( dua diikuti) kurang dari 0,05, atau 0,000 0,05. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika sudah mencapai ketuntasan belajar.Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika di SD.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Matematika, Pre test, Post test , Hasil Belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3212

Actions (login required)

View Item
View Item