MUHAMMAD FARID (2023) Implementasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap mata Pleajaran PKN Siswa Kelas V SDN Gedangan Welahan Kabupaten Jepara. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
AbstrakModel Pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD merupakan suatu pembelajaran yang didalamnya siswa bekerjasama beserta kelompoknya melakukan diskusi kelompok. Dari hasil pengamatan terlihat bahwa guru masih menggunakan metode konvensional, sehingga siswa merasa bosan dalam belajar, dan masih kurang dalam kemampuan kerjasama, berpikir kritis dan sikap ilmiah, oleh karena itu penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran STAD yang merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar dan kualitas proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif tipe STAD terhadap 1) Pertimbangan guru menerapkan model pembelajaran tipe STAD pada pelajaran PKn di SD Negeri Gedangan Welahan Jepara. 2) Faktor yang mempengaruhipenerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pelajaran PKn di SD Negeri Gedangan Welahan Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh yaitu data primer yang didapat melalui terjun langsung ke lapangan untuk wawancara dan observasi, serta data sekunder yang diperoleh dengan pengkajian beberapa literatur yang berhubungan dengan penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil pembahasan Pertimbangan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) adalah 1) Memudahkan bagi guru mengenal tipe pembelajaran kooperatif dengan konsep kerja yang sederhana, 2) Selain itu model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini Melatih siswa untuk bekerjasama, 3) Melatih siswa untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik, melatih siswa aktif berdiskusi, 4) Melatih siswa untuk terhindar dari sifat individual dan ingin menang sendiri, 5) serta Guru harus menyesuaikan Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang materi pelajarannya banyak memuat aspek nilai, pengetahuan dan keterampilan.Faktor yang mempengaruhipenerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pelajaran PKn di SD Negeri Gedangan Welahan Jepara. Terdaat faktor penghambat diantanya: 1) Siswa tidak memperhatikan guru saat mengajar, 2) Siswa lebih sering diam saat berdiskusi, 3) Siswa kurang menggunakan waktu seefesien mungkin, 4) Jumlah siswa yang banyak dalam kelas, 5) Suasana kelas yang panas, sebaiknya siswa dan guru harus bekerjasama dalam menjalankan perannya masingmasing. Dan juga ada faktor pendukung diantaranya : 1) Siswa senang mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, 2) Siswa diajarkan cara bertanggung jawab dengan penyelesaikan tugas pelajaran, 3) Terciptanya hubungan yang akrab di kelas antara guru dan siswa begitupun siswa dengan siswa, 4) Dilengkapi sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran, 5) serta Guru yang sudah mampu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Implementasi, Student Teams Achievement Division, Pendidikan Kewarganegraan |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3209 |