THERESIA DITA CAHYANINGRUM (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD KANISIUS CUNGKUP. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelasakan rasionalitas penggunaan model pembelajaran think talk write (TTW) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD kanisius Cungkup Salatiga. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguraikan metode implementasinya dalam proses pembelajaran dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus, dengan tiga pertemuan dalam setiap siklusnya.. Data dikumpulkan melalui lembar observasi pada setiap pertemuan dan tes hasil belajar pada pertemuan ke tiga setiap siklus. Model pembelajaran think talk write (TTW) digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi siswa. Awalnya, hanya 33 % siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Namun, pada siklus pertama, angka siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 86 %. Pada Siklus ke dua, angka tersebut meningkat lagi menjadi 95 %. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa penerapan model pembelajaran think talk write (TTW) efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. ABSTRACTThe purpose of this study is to explain the rationality of using the think talk write (TTW) learning model in Indonesian subjects in grade IV SD Canisius Cungkup Salatiga. In addition, this study also aims to elaborate the method of its implementation in the learning process with the aim of increasing student achievement. Classroom Action Research (PTK) is conducted in two cycles, with three meetings in each cycle. Data were collected through observation sheets at each meeting and learning outcomes tests at the third meeting of each cycle. The think talk write (TTW) learning model was used in this study. The results showed an increase in student achievement. Initially, only 33% of students achieved the Minimum Completeness Criteria (KKM). However, in the first cycle, the number of students who reached KKM increased to 86%. In the second cycle, the figure increased again to 95%. The results of this study provide evidence that the application of the think talk write (TTW) learning model is effective in increasing student achievement in Indonesian subjects.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: TTW, Hasil Belajar, Menulis Karangan, Menulis Pengumuman, Bahasa Indonesia.Keywords: TTW, Learning Outcomes, Writing Essays, Writing Announcements, Indonesian |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3207 |