Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN SEPAKUNG KEC. BANYUBIRU MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS ETNOSAINS

SUGIYARNAH (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN SEPAKUNG KEC. BANYUBIRU MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS ETNOSAINS. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya Kemampuan Membaca di kelas I SDN Sepakung Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Siswa kurang tertarik dengan media yang digunakan saat pembelajaran. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Instrumen penelitian adalah tes lisan dan lembar observasi. teknik analisis data yang digunakan (1) hasil Kemampuan Membaca permulaan untuk mengetahui ketuntasan kemampuan membaca dan klasikal siswa dan (2) analisis hasil observasi kemampuan guru dan aktifitas siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut siklus I: hasil kemampuan membaca siswa tuntas 15 siswa (68,2%) dan 7 siswa (31,8%) tidak tuntas. Hasil pengamatan kemampuan guru dengan nilai 83 dalam peringkat Baik (B). Sedangkan untuk hasil pengamatan aktivitas siswa dengan peringkat 15 siswa (68,2%), (B) Baik, 5 siswa (22,7%), (C) Cukup dan 2 siswa (9,1%), (D) Kurang. Pada siklus II: kemampuan membaca siswa tuntas 20 siswa (90,9%) dan 2 siswa (9,1%) tidak tuntas., kemampuan guru dengan nilai 100 Amat Baik (A), aktivitas siswa dengan peringkat (A) Amat Baik 5 siswa (22,72%), B) Baik 15 siswa (68,18%) dan 2 siswa (9,1%) siswa, (C) Cukup.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Membaca Permulaan, Media Audio Visual, Etnosains
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3206

Actions (login required)

View Item
View Item