FAQIH MA'RUF ISLAMUDIN (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Media Puzzle Pecahan pada Materi Pecahan Sederhana Kelas 3. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mempergunakan media puzzle pecahan. Di SDN 1 Sumberjo dengan hasil observasi yang dilakukan, terdapat permasalahan yaitu media yang digunakannya masih kurang variatif yaitu masih menggunakan buku guru dan buku siswa. Penggunaan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini, dengan prasiklus dan dua siklus perbaikan. Dari kedua siklus tersebut terdapat empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. SDN 1 Sumberjo adalah tempat penelitiannya, dengan kelas III sejumlah 27 peserta didik yang menjadi subjek penelitian. Dengan tes, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data yang dipergunakan. Penelitian ini menggunakan instrument berupa soal tes dan pengamatan selama proses belajar. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan terbukti dengan hasil belajar yang dilakukan peserta didik pada setiap siklusnya, dan pada siklus I peserta didik hasil belajar peserta didik mendapatkan 78% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Pada siklus II peserta didik mendapatkan persentase hasil belajar 100% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Hasil Belajar, papan puzzle pecahan, pecahan sederhana |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3203 |