AHMAD JAMALUDDIN (2023) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MENGGUNKAN KARTU PECAHANDI KELAS III SD NEGERI SARIREJO I GUNTUR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Sarirejo I Guntur melalui media kartu pecahan. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart. Dengan subjeknya yaitu siswa kelas III SD Negeri Sarirejo I Guntur yang berjumlah 25 siswa. Sedangkan objek penelitiannya yaitu hasil belajar matematika materi pecahan sederhana dengan menggunakan media kartu pecahan. Indtrumen yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Keberhasilan dari penelitian ini adalah siswa minimal 90% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yang sudah ditetapkan sebesar 75 dengan presentase aktivasi guru dan siswa mencapai klasifikasi baik sebesar 75%. Hasil dari penelitian menunjukkan penggunaan media kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi membandingkan pecahan sederhana di kelas III SD Negeri Sarirejo I Guntur. Pada hasil observasi siklus I dan II menunjukkan adanya peningkatan aktivitas pembelajaran siswa dari 68% menjadi 83% dan aktivitas guru dari 75% menjadi 85%. Sedangkan presentase siswa yang mencapai KKM meningkat pada siklus I dan siklus II sebesar 20,8%, dari 14 siswa menjadi 19 siswa. Dengan peningkatan rata-rata hasil belajar pada siklus I dan II dari 78,8% menjadi 91,6%.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Pecahan Sederhana, Media Kartu Pecahan |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3201 |