Search for collections on Karya Ilmiah

TREN MEDIA SOSIAL DIKALANGAN GENERASI MILENIAL

SURYOKO KUSUMO DJATI (2022) TREN MEDIA SOSIAL DIKALANGAN GENERASI MILENIAL. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Generasi milenial merupakan generasi atau masyarakat sosial yang melek dan mampu beradaptasi pada teknologi. Kedekatan dengan dunia digital ini menggunakan sosial media sebagai pengakses kehidupan serta menyebarkan informasi atau sebaliknya mendapatkan informasi. Dengan kebiasaan dan tren generasi milenial ini yaitu menggunakan media sosial untuk penyebaran informasi yang cepat dan menyeluruh atau dengan kata lain viral. Penggunaan media sosial ini bergantung pada tujuan penggunanya antara lain: Bisnis, Endorsment, eksis dan bersosial atau dampak negatifnya yaitu menggiring opini sejumlah orang dengan informasi yang tidak sesuai kebenarannya dan tidak dapat dipertanggung jawabkan oleh karena itu perlu adanya tingkat kesadaran dan pengetahuan yang cukup agar sebagai tanggung jawab pribadi masing-masing dalam menyebarkan informasi ataupun mendapatkan informasi. Penyebaran informasi pada media sosal memang tidak dapat dihentikan dalam artian jejak media sosial tidak akan pernah hilang, oleh karena itu pentingnya jejak media sosial yang baik akan bermanfaat bagi semua kalangan tetapi jejak media sosial yang buruk akan merugikan sekelompok orang, institusi dan bahkan pembaca. Dengan penggunan media sosial yang sangat pesat berdampak bagi perkembangan dan berkaitan dengan kehidupan, untuk meminimalisir berita hoax diperlukan kesadaran masing masing yang mampu memahami informasi dan tidak menelan mentah mentah informasi yang didapatkan, serta mampu menilai atau mengevaluasi dengan keputusan yang bijak serta mampu memanfaatkan media sosial bagi hal hal positif iyang meruoakan suatu kesempatan atau peluang dalam menggunakan media sosial, sebagai contoh menggunakan media sosial untuk berkarya melalui bisnis ide jualan yang dapat dengan mudah diakses bagi masyarakat luas dan dapat meningkatkan pendapatan atau nilai positif. Atas dasar hasil pemikiran dan kajian diatas imaka perlu diadakan kajian bagaimana pengaruh dari penerapan literasi media sosial pada pemilihan informasi yang didapat pada generasi milenial, sehingga bisa diketahui apakah generasi milenial sudah mampu menerapkan sikap itanggung jawab yang baik pada penerapan literasi media sosial.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20222
Uncontrolled Keywords: generasi milenial, sosial media
Subjects: Program Studi > 72 Ilmu Komunikasi-S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:43
Last Modified: 07 Dec 2023 07:43
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/32

Actions (login required)

View Item
View Item