Search for collections on Karya Ilmiah

Eksplorasi Penggunaan Media Gunting dan Kertas untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak di TK Teladan Pertiwi Ambarawa, Kabupaten Semarang

HANINDA TYAS PERTIWI (2023) Eksplorasi Penggunaan Media Gunting dan Kertas untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak di TK Teladan Pertiwi Ambarawa, Kabupaten Semarang. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media gunting dan kertas dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Teladan Pertiwi Ambarawa, Kabupaten Semarang. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan kelompok A yang terdiri dari 17 anak. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus yaitu pra-siklus, siklus 1, dan siklus 2. Data peningkatan kemampuan motorik halus anak dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gunting dan kertas efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Pada siklus ke-2, semua anak telah mengalami peningkatan kemampuan menggunting. Penelitian ini memberikan masukan bagi guru dan pendidik untuk memperhatikan penataan ruang, pendekatan yang optimal, dan motivasi yang terus menerus dalam pembelajaran anak usia dini. Meskipun penelitian ini memiliki keterbatasan sampel, temuan ini dapat menjadi acuan bagi penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: motorik halus anak, media gunting dan kertas, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), kemampuan menggunting, pendidikan anak usia dini, TK Teladan Pertiwi Ambarawa.
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3197

Actions (login required)

View Item
View Item