Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN DENGAN BENDA KONSEP MATEMATIKA DAN BERPIKIR KRITIS DI POS PAUD KARUNIA INDAH DESA SONGGODADI

SITI HIDAYAH (2023) UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN DENGAN BENDA KONSEP MATEMATIKA DAN BERPIKIR KRITIS DI POS PAUD KARUNIA INDAH DESA SONGGODADI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPOS PAUD merukan salah satu lembaga tumbuh kembang anak usia dini yang mengembangankan potensi anak yang meliputi potensi kognitif, bahasa jasmani, dan sosial emosional. Dalam beberapa tahun terakhir ditemukan permasalahan bahwa perkembangan kognitif anak rendah dalam pemahaman konsep matematika dan berpikir kritis.bagaimana upaya meningkatkan kemampuan kognitif melalui kegiatan bermain dengan benda nyata Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektivitas bermain dengan benda dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada anak-anak usia prasekolah/ usia dini. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari 20 anak usia 4-5 tahun yang dipilih dari sekolah POS PAUD di daerah Pekalongan petungkriyono Kelompok eksperimen bermain dengan benda yang mengajarkan konsep matematika dan berpikir kritis, sedangkan kelompok kontrol tidak memperoleh perlakuan khusus. Kedua kelompok diberi tes perkembangan kognitif sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil menunjukkan bahwa kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam perkembangan kognitif, sedangkan kelompok kontrol tidak menunjukkan perubahan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perkembangan Kognitif, Bermain Dengan Benda, Konsep Matematika, Berpikir Kritis.
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3196

Actions (login required)

View Item
View Item