ANINDYA YORRY SABADHEA (2023) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 1 RANDUBLATUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKSabadhea, Anindya Yorry Upaya Peningkatan Kemampuan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Jarimatika Dalam Pembelajaran Matematika kelas II di SDN 1 Randublatung Laporan Karya Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Program Sarjana, Universitas Terbuka Semarang.Kata kunci : kemampuan belajar, hasil belajar, metode jarimatika. Materi pembelajaran matematika pembahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan siswa mengalami penurunan minat pada mata pelajaran tersebut. Hal ini disebabkan pemahaman siswa pada materi tersebut sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa menyelesaikan masalah matematika siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pada kelas II SDN 1 Randublatung. Tujuan penelitian ini juga adalah untuk mengetahui hasil peningkatan belajar materi matematika dengan menggunakan metode jarimatika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran jarimatika dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 1 Randublatung. Hal ini dilihat dari data awal yang menunjukkan rata-rata kemampuan berhitung siswa pada prasiklus yaitu 54,5 sedangkan pada siklus I 81,4 dan ketuntasan belajar 55% pada prasiklus dan 82% pada siklus I dan 87% pada siklus II. Dengan menggunakan metode jarimatika, konsep matematika yang sulit dimengerti siswa dapat dipahami dengan mudah.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : kemampuan belajar, hasil belajar, metode jarimatika. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3191 |