Search for collections on Karya Ilmiah

PENGARUH PROGRAM MARKET DAY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN JIWA WIRAUSAHA SISWA KELAS V SD ISLAM ALHIKMAH NGADIPURWO

IMROATUS SHOLIKAH (2023) PENGARUH PROGRAM MARKET DAY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN JIWA WIRAUSAHA SISWA KELAS V SD ISLAM ALHIKMAH NGADIPURWO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jumlah pengangguran di Indonesia yang semakin meningkat diakibatkan oleh kesenjangan antara ketersedian lapangan pekerjaan yang ditawarkan dengan jumlah angkatan kerja, Hal tersebut mengharuskan pengenalan kewirausahaan sedini mungkin bagi masyarakat Indonesia, salah satunya adalah program kewirausahaan di sekolah yang diimplementasikan dengan program market day. Program market day merupakan program yang diadakan sekolah untuk simulasi kegiatan memperjual belikan dan memasarkan sebuah produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program market day pada siswa kelas V SD Islam Alhikmah Ngadipurwo Blora. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan survey. Indikator penelitian yang digunakan adalah indikator jiwa wirausaha yang berupa sikap percaya diri, berorientasi terhadap hasil, berani mengambil resiko, dan kreatif inovatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V SD Islam Alhikmah Ngadipurwo, sampel yang digunakan adalah 10 siswa SD Islam Kelas V Alhikmah Ngadipurwo Blora. Instrumen yang digunakan adalah angket dan diperkuat dengan instrumen lembar observasi. Uji validitas instrumen menggunakan validitas butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program market day berpengaruh untuk meningkatkan jiwa wirausaha siswa dengan perolehan data di atas rata-rata yang ditetapkan pada masing-masing Indikator penelitian yaitu sikap percaya diri sebesar 79%, berorientasi terhadap hasil sebesar 75%, berani mengambil resiko sebesar 87,5%, dan kreatif dan inovatif sebesar 75%.Abstract The increasing number of unemployed in Indonesia is caused by the gap between the availability of jobs offered and the number of workforce. This requires the introduction of entrepreneurship as early as possible for Indonesian people, one of which is the entrepreneurship program in schools which is implemented with the market day program. The market day program is a program held by schools to simulate the activities of buying and selling and marketing a product. This study aims to determine the effect of the market day program on fifth grade students of SD Islam Alhikmah Ngadipurwo Blora. This study uses a research method with a survey approach. The research indicators used are indicators of the entrepreneurial spirit in the form of self-confidence, result-oriented, risk-taking, and innovative creativity. The population used was all fifth grade students of SD Islam Alhikmah Ngadipurwo, the sample used was 10 students of SD Islam Class V Alhikmah Ngadipurwo Blora. The instrument used was a questionnaire and was reinforced with an observation sheet instrument. Test the validity of the instrument using the validity of the questions. The results showed that the market day program had an effect on increasing the entrepreneurial spirit of students by obtaining data above the average set for each research indicator, namely self-confidence by 79%, result-oriented by 75%, dare to take risks by 87, 5%, and creative and innovative by 75%.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Jiwa Wirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Program Market DayKeywords: Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Spirit, Market Day Program
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3190

Actions (login required)

View Item
View Item