JHONI FONSEN (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PECAHAN SEDERHANAMELALUI MODEL PEMBLAJARAN STAD KELAS II SEMESTER 2 SDN 2 GONDORIYO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada tahun ajaran 2022–2023, penelitian ini bertujuan untuk melaporkan upaya peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi pecahan sederhana di kelas II (dua) semester II (dua) di SD Negeri 2 Gondoriyo. Rancangan penelitian untuk jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dan Siklus II menggunakan metodologi STAD. Siklus II melakukan perbaikan bagaimana pendekatan STAD diterapkan.Penelitian ini dilakukan di Kelas II (dua) Semester II SD Negeri 2 Gondoriyo di Desa Jati Semi Kec. Todanan, Kab. Blora. termasuk 10 siswa. Fokus penelitian ini adalah aktivitas siswa, hasil belajar, dan penerapan paradigma pembelajaran tipe STAD. Teknik pengumpulan data meliputi catatan lapangan, dokumentasi, dan observasi (observasi). Metode analisis data adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan persentase dan penskoran. Menurut penelitian, hanya ada dua siswa yang aktif dari setiap sepuluh anak pada pembelajaran awal (Pra-Siklus).Jumlah siswa yang terdaftar pada Siklus I sebanyak 4 siswa, dan pada Siklus II sebanyak 10 siswa. Jika tingkat aktivitas dinyatakan dalam persentase, pembelajaran Prasiklus hanya mencapai 35,7%, pembelajaran Siklus I hanya mencapai 57,%, dan pembelajaran Siklus II hanya mencapai 85,%..
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan dan Hasil belajar, Metode STAD |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3189 |