Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BEBENGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SUMIF TAHUL (2023) PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BEBENGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

AbstrakPenelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi bagi siswa kelas V SD NEGERI 2 BEBENGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023; Mendeskripsikan aktivitas menulis karangan deskripsi siswa menggunakan media gambar seri siswa kelas V SD NEGERI 2 BEBENGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023; Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan narasi menggunakan media gambar seri siswa kelas V SD NEGERI 2 BEBENGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Metode penelitian adalah kualitatif dan bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, lembar wawancara. Subyek penelitian siswa kelas V SD NEGERI 2 BEBENGAN yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan media gambar seri di kelas V SD NEGRI 2 BEBENGAN dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, siswa terlihat memiliki motivasi, antusias dan kerjasama yang baik dalam pembelajaran. Sedangkan dari faktor guru meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru; aktivitas siswa mengalami peningkatan keantusiasan dalam belajar dan berdiskusi atau kerjasama dengan siswa lain, saling ketergantungan positif dengan siswa lain dan keaktifan menulis karangan narasi yang sangat baik, penggunakan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi meningkat; peningkatan kemampuan menulis karangan narasi menggunakan media gambar seri pada siswa kelas V SD NEGERI 2 BEBENGAN dikategorikan sangat baik yaitu pada hasil siklus I ketuntasan belajar siswa adalah 52,94% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,24% sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 35,30%., hal ini menunjukkan bahwa media gambar seri mampu menjadi sebuah sarana yang menghantar pada pengembangan kemampuan berpikir (kognitif), bertindak (afektif), dan terampil menulis karangan narasi (psikomotorik). Penelitian ini disarankan bagi guru, siswa, sekolah dan penelitian selanjutnya dalam penggunaan media gambar seri pada proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Media Gambar Seri, Menulis Karangan Narasi
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3186

Actions (login required)

View Item
View Item