TRI NURHIDAYATI (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI MULYOHARJO 01 KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan, karena tanpa adanya pendidikan seseorang tidak dapat menunjang kehidupannya kelak, baik dalam ekonomi dan status sosial. Banyaknya peserta didik yang kurang menguasai materi pada pelajaran IPS mengakibatkan menurunnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD Negeri Mulyoharjo 01 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal dengan menggunakan model pembelajaran talking stick. Metode yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa terus meningkat yaitu dari rata-rata 54,15 dengan persentase 35% pada pra siklus meningkat menjadi 74,68 dengan persentase 77% pada siklus I dan mencapai nilai rata-rata 81,68 dengan persentase 96% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik di kelas IV SD Negeri Mulyoharjo 01 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Model Pembelajaran Talking Stick |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3178 |