KATARINA DWI ANGGARINI (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia menggunakan Model Make a Match dengan Media Gambar Ceria. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa terhadap pelajaran Bahasa Indonesia menyebabkan sebagian besar siswa kurang antusias mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dengan kondisi tersebut guru berusaha memperbaiki pembelajaran dengan melaksanakan Penelitian Perbaikan Pembelajaran. .Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan materi pokok mendeskripsikan Jenis pekerjaan dan tempat disekitar rumah secara tertulis melalui pembelajaran model Make a Match dengan gambar ceria di kelas I SDN Kalikidang Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN Kalikidang, yang berjumlah 18 peserta didik. Media yang digunakan media gambar ceria . Data yang diperoleh melalui hasil evaluasi peserta didik dan pengamatan oleh observer. Sebelum melaksanakan Penelitian perbaikan pembelajaran, diadakannya kegiatan prasiklus untuk mengetahui hasil belajar siswa. Namun hasil belajar belum sepenuhnya berhasil sehingga dilaksanakan kembali Penelitian Perbaikan Pembelajaran yang dilakukan selama dua siklus dengan dua kali perteuan disetiap siklusnya. Dalam prasiklus diperoleh nilai rata-rata 61,11 %, siklus II dengan nilai rata-rata 66,67% dan pada siklus II 100% dan dikatakan hasil tersebut pembelejaran menggunakan media Make a Match sudah meningkat.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Hasil belajar, Bahasa Indonesia, Model Make a Match, Media Gambar Ceria |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3177 |