Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MEDIA VIDEO BAGI SISWA KELAS 3 SD

ESTY KUSTANTY (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MEDIA VIDEO BAGI SISWA KELAS 3 SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, materi pokok perkembangan teknologi melalui pendekatan santifik dan media video di kelas 3 SD Negeri Karangsembung 01, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Negeri Karangsembung 01, yang berjumlah 12 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam perbaikan pembelajaran ini adalah pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran dan guru bersifat sebagai fasilitator. Data diperoleh dari hasil evaluasi siswa dan pengamatan oleh observer melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Dengan menggunakan pendekatan saintifik dan media video siswa memiliki hasil belajar yang tinggi terhadap mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada siklus I meningkat, yaitu 9 siswa (75%) dari 12 siswa, dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 11 siswa (91,66%) dari 12 siswa. Hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa mencapai 7 siswa (58,33%), dan perbaikan pada siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu dengan 9 siswa (75%) yang mencapai ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Saintifik, Video
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3175

Actions (login required)

View Item
View Item