JUHARTI (2023) PENERAPAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PASARBATANG 03 BREBES. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan atau menerapkan media cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas IV SD Negeri Pasarbatang 03 Brebes Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini di lalukan dalam 2 siklus dan melibatkan 27 siswa kelas IV SD Negeri Pasarbatang 03 Brebes. Data diperoleh dari teks membaca nyaring, wawancara, observasi dokumentasi, dan catatan di lapangan. Dari jumlah 27 siswa masih ada 17 siswa yang belum mampu memnguasai keterampilan membaca nyaring dengan benar. Banyak terjadi perubahan pada siswa kelas IV SD Negeri Pasarbatang 03 pada materi keterampilan membaca nyaring dengan menggunakan cerita bergambar dari jumlah 27 siswa pada saat pra siklus yang mengalami tuntas belajar hanya 17 siswa (69,96%) sedangkan yang belum tuntas terdapat 10 siswa (37,03%). Pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 22 siswa ((81.51%) tuntas belajar dan yang belum tuntas berkurang menjadi 5 siswa (18.51%). Pada siklu II (terakhir) perbaikan pembelajaran benar-benar mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 27 siswa (100%). Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan melalui media cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring pada siswa kelas IV sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dari meningkatnya nilai tes keterampilan siswa dari setiap siklus (siklus 1 dan siklus 2)
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan, Membaca Nyaring, Media Cerita Bergambar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3173 |