ADI CAHYONO (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA SD IT MUTIARA HATI KELAS III TAHUN AJARAN 2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada pelajaran matematika materi keliling persegi dan persegi panjang. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pada matematika materi keliling persegi dan persegi panjang. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas 3 SD IT Mutiara Hati tahun 2023 yang berjumlah 25 anak, 9 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model pembelajaran matematika realistik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Untuk batas KKM matematika adalah 65 sedangkan ketuntasan klasikal kelas 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus tuntas KKM sebanyak 13 anak, dengan persentase ketuntasan 52%, nilai tertinggi 75, nilai terendah 40 dan nilai rata-rata 60,40. Pada siklus 1 terjadi peningkatan hasil belajar tuntas KKM 19 anak, persentase ketuntasan adalah 76%, nilai tertinggi 100, nilai terendah 40 dan nilai rata-rata 78. Pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar kembali. Dengan perolehan tuntas KKM 22 anak, persentase ketuntasan 88%, nilai tertinggi 100, nilai terendah 50 dan nilai rata-rata 83,60. Berdasarkan data pada siklus 1 dan siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar murid.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Keliling Persegi dan Persegi Panjang, Pembelajaran Matematika Realistik |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3171 |