ARYANA ARIEFIYANTI (2022) Analisa Strategi Penerjemahan Pada Artikel Yang Berjudul“Finland’s Educational Systems, And Why Is It So Successful?” ke Bahasa Indonesia”. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisa studi kasus penerjemahan artikel yang diambil dari media online, “Finland’s Educational Systems, And Why Is It So Successful?” sebagai teks sumber (TSu) ke dalam Bahasa Indonesia yang merupakan teks sasaran (TSa). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspek-aspek penerjemahan dan bagaimanakah proses pengalih bahasaan dari teks sumber (TSu) ke teks sasaran (TSa) agar menghasilkan terjemahan yang sepadan. Dalam penerjemahan tidak bisa menggunakan hanya satu metode penerjemahan, karena harus mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah teks agar menghasilkan terjemahan yang sepadan, akurat, dan berterima sehingga mudah dimengerti oleh pembaca. Kemudian, faktor-faktor penerjemahan seperti struktur kalimat dan budaya juga tidak dapat dikesampingkan. Sehingga hasil penerjemahan menarik bagi pembaca tanpa mengurangi makna dari Bahasa sumber yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa metode penerjemahan yang berbeda digunakan dalam penerjemahan artikel “Finland’s Educational Systems, And Why Is It So Successful?”, serta adanya perubahan makna dimana TSa disesuaikan dengan BSa. Tujuan dan manfaat dari karya ilmiah ini adalah untuk memberikan penjelasan tentang metode penerjmahan yang terdapat pada artikel serta membahas struktur Bahasa dan menganalisanya secara semantik.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20222 |
Uncontrolled Keywords: | Key words: Terjemahan, Metode Penerjemahan, Perubahan Makna, |
Subjects: | Program Studi > 87 Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 07:44 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 07:44 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/317 |