Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS 2 SDN WETON-WETAN

LAELI ROHMAWATI DEWI (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS 2 SDN WETON-WETAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru pada saat mengajar hanyadengan penjelasan lisan (ceramah) dan kurang melibatkan siswa. Prosespembelajaran di kelas pada umumnya lebih menekankan pada aspek kognitif yanglebih berfokus pada pemahaman bahan pengetahuan dan ingatan. Dalam situasidemikian siswa dituntut untuk menerima apa yang dianggap penting oleh gurudan menghafalnya. Di dalam kegiatan pembelajaran kemampuan berbicarakhususnya berlangsung monoton dan membosankan.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana penerapanmetode bermain peran (role playing) untuk meningkatkan keterampilan berbicarasiswa SDN Weton-Wetan tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini ialahPTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Subjekpenelitian ini terdiri dari 20 peserta didik kelas 2.Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) penerapan metodebermain peran (role playing) pada siklus 1 masih belum maksimal. Dilihat dariperolehan nilai rata-rata sebesar 70,5 sedangkan perolehan akhir aktivitas gurumengalami peningkatan menjadi 95,25. 2) Prosentase ketuntasan belajar pesertadidik pada keterampilan berbicara setelah diterapkan metode bermain peran (roleplaying) mengalami peningkatan 25% (pra siklus) , 55%(siklus I), dan 95%(siklus II).

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, metode role playing
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3165

Actions (login required)

View Item
View Item