Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI, MENGELOMPOKKAN DAN MENGETAHUI FUNGSI BENDA-BENDA DI SEKITAR MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIASISWA KELAS III SDN KAGOK 01 KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL

FITRI MEYLIANA (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI, MENGELOMPOKKAN DAN MENGETAHUI FUNGSI BENDA-BENDA DI SEKITAR MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIASISWA KELAS III SDN KAGOK 01 KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kemampuan siswa dalam memahami mengelompokkan dan mengetahui fungsi benda-benda di sekitar melalui metode picture and picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini di laksanakan di SDN Kagok 01 Slawi Kabupaten Tegal dengan subjek adalah anak kelas III yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Pada siklus I pembelajaran di lakukan dengan media gambar dengan kegiatan peningkatan kemampuan memahami dan menyebutkan nama benda-benda di sekitar. Sedangkan pada siklus II guru memberi tugas mengambil benda secara acak, mengelompokkannya ke dalam kategori tertentu dan menyebutkan fungsinya. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan pengamatan dan refleksi. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : 1)Proses pembelajaran mengenal berbagai benda sekitar berlangsung kondusif, 2) Presentase aktifitas belajar siswa meningkat dari kondisi awal 66% (kategori aktif) menjadi 92% (kategori sangat aktif). Hal ini berarti hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa pembelajaran upaya peningkatkan kemampuan memahami, mengelompokkan dan mengetahui fungsi benda di sekitar berlangsung kondusif. Saran yang dapat disampaikan melalui penelitian tindakan kelas ini adalah guru bisa menerapkan metode picture and picture karena dapat menciptakan pembelajaran yang menarik untuk siswa sehingga lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: hasil belajar, memahami benda sekitar, mengelompokkan benda di sekitar, mengetahui fungsi benda di sekitar, metode picture and picture
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3156

Actions (login required)

View Item
View Item