Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI KEBERAGAMAN DI LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI MEDIA EDUKATIFE PUZZLE PADA SISWA KELAS 3 SDN PROCOT 03

KARLINA LESTARI (2023) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI KEBERAGAMAN DI LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI MEDIA EDUKATIFE PUZZLE PADA SISWA KELAS 3 SDN PROCOT 03. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Memahami Keberagaman di Lingkungan Sekitar Melalui Edukatif Puzzle pada Siswa Kelas 3 SDN Procot 03 . Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa kasus yang ditemui yaitu tingkat penguasaan materi pelajaran PPKN di SDN Procot 03 masih rendah sehingga rendah pula hasil belajar PPKN siswa kelas 3 di SDN Procot 03 tahun pelajaran 2022/ 2023 semester II, Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan proses pembelajaran siswa dalam memahami Keberagaman di Lingkungan Sekitar melalui edukatif Puzzle pada siswa Kelas 3 SDN Procot 03 Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukatife puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami Keberagaman di Lingkungan Sekitar pada siswa kelas 3 SDN Procot 03 Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya data dari 37 siswa yang tuntas KKM pada pra siklus yakni 10 siswa atau sebanyak 27,02 %, kemudian meningkat pada siklus I yaitu 26 siswa atau sebanyak 70,27%, dan meningkat lagi pada siklus II yakni sebanyak 33 siswa atau 89,18%, perolehan tersebut berdampak pula pada peningkatan nilai rata-rata kelas yang terjadi pada Pra Siklus 52,97 kemudian meningkat pada siklus 1 yakni 77,02 dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 83,78. Simpulan dalam penelitian ini adalah Dengan dilakukannya pembelajaran melalui permainan edukatif ini selain meningkatkan hasil belajar siswa juga dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk aktif dalam mengikuti pelajaran, siswa lebih antusias bertanya saat pelajaran berlangsung dan siswa lebih dapat bekerjasama dengan temannya serta siswa mampu bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Edukatif Puzzle, hasil belajar, Pembelajaran Ppkn
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3155

Actions (login required)

View Item
View Item