Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN PAPAN PINTAR PADA SISWA KELAS V SEMESTER II DI SDN WLAHAR 01

DEWI NURKHASANAH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN PAPAN PINTAR PADA SISWA KELAS V SEMESTER II DI SDN WLAHAR 01. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V di SDN Wlahar 01. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran TGT berbantuan Papan Pintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Wlahar 01 pada materi Ekosistem. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Dalam penelitian ini terdapat dua variable yaitu model pembelajaran TGT Berbantuan Papan Pintar dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Wlahar 01 yang berjumlah 35 siswa. Waktu pelaksanaan tahun ajaran 2022/2023 semester II. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan tes tertulis. Hasil analisis data menunjukan tingkat keberhasilan perbaikan pembelajaran pada siklus 1 sebanyak 62,8 % siswa mencapai KKM, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 82,8 %. Peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan ini menunjukan keberhasilan perbaikan pembelajaran ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan papan pintar pada siswa kelas V SDN Wlahar 01.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran TGT, Papan Pintar, Hasil Belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3154

Actions (login required)

View Item
View Item