Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Pemahaman Konsep Keinginan dan Kebutuhan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1 SDN Gembong 02 Talang melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

CHURUN'IN (2023) Peningkatan Pemahaman Konsep Keinginan dan Kebutuhan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1 SDN Gembong 02 Talang melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi efektivitas implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam meningkatkan pemahaman konsep keinginan dan kebutuhan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 SDN Gembong 02 Talang. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipilih sebagai pendekatan utama dalam penelitian ini karena mendorong kerja sama dan partisipasi aktif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan siswa kelas 1 semester 2 pada tahun pelajaran 2022/2023.Selama penelitian di lakukan, diterapkan serangkaian kegiatan pembelajaran yang didesain berdasarkan prinsip-prinsip model STAD. Siswa terlibat dalam kerja kelompok kecil yang heterogen dan saling berkolaborasi dalam mengidentifikasi, membedakan, dan menerapkan konsep keinginan dan kebutuhan dalam konteks Bahasa Indonesia. Data yang dikumpulkan melalui observasi kelas, tes tulis, dan analisis hasil belajar siswa.Hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep keinginan dan kebutuhan siswa setelah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Partisipasi aktif siswa dalam kerja kelompok, diskusi, dan penggunaan strategi kolaboratif dalam pembelajaran memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman mereka. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi dalam mengungkapkan pemahaman mereka tentang konsep tersebut.Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat digunakan sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep tentang keinginan dan kebutuhan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 SDN Gembong 02 Talang. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya menerapkan metode pembelajaran yang melibatkan interaksi sosial dan kerja sama siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep pada tingkat pendidikan dasar.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STADPemahaman Konsep Keinginan dan KebutuhanMata Pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3151

Actions (login required)

View Item
View Item