Search for collections on Karya Ilmiah

Dampak Bilingual School Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Shining Little Star Tegal

INES SETIANA (2023) Dampak Bilingual School Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Shining Little Star Tegal. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran pada sekolah yang menerapkan bilingual school yaitu dengan menggunakan dua bahasa baik bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar kegiatan pembelajaran. Penggunaan dua bahasa secara bersamaan seringkali menimbulkan pro dan kontra mengenai dampak yang ditimbulkan terhadap perkembangan bahasa anak. Salah satu sekolah yang menerapkan konsep bilingual school adalah TK Shining Little Star Tegal. Penelitian ini berusaha menganalisis dampak penggunaan dua bahasa terhadap perkembangan bahasa anak serta mengetahui kendala yang dialami oleh guru kelas dalam menerapkan bilingual school. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan bilingual school di TK Shining Little Star memberikan dampak terjadap perkembangan bahasa anak atau tidak serta kendala yang dialami oleh guru. Metode yang digunakan adalah metode dekstriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan yaitu dengan menggunakan observasi langsung terhadap siswa dan wawancara terhadap guru kelas serta orang tua murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata tidak memberikan dampak negatif terhadap perkembangan bahasa anak. Selain itu guru juga tidak menemukan kesulitan pada saat menerapkan dua bahasa dikarenakan sumber daya manusia di TK Shining Little Star sudah sangat mumpuni.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: dampak, bilingual school, perkembangan, bahasa, anak
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3148

Actions (login required)

View Item
View Item