Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN E- MODUL DENGAN MATERI SIMETRI LIPAT PADA KELAS 3 SD ISLAM TERPADU

ISTRI KHUMAIROH (2023) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN E- MODUL DENGAN MATERI SIMETRI LIPAT PADA KELAS 3 SD ISLAM TERPADU. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

A B S T R A KPelajaran matematika merupakan disiplin ilmu yang memfokuskan pada kajian mengenai struktur, ruang, jumlah, dan relasi antara objek-objek. Saat ini, terlihat adanya kesulitan yang dirasakan oleh siswa dalam mempelajari matematika. Kesulitan ini berdampak negatif terhadap minat belajar mereka dan prestasi akademik yang menurun. Kurangnya minat siswa dalam mempelajari matematika juga mempengaruhi hasil belajar dan tingkat motivasi yang rendah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran matematika pada materi simetri lipat di kelas 3 Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D. Partisipan penelitian terdiri dari 5 ahli sebagai subjek penelitian dan 3 guru serta 16 siswa sebagai subjek uji coba. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan kuesioner dengan menggunakan angket sebagai instrumen. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji validitas dari ahli media pembelajaran menunjukkan bahwa ahli media pembelajaran I mencapai 90%, sedangkan ahli media pembelajaran II mencapai 96%. Rata-rata hasil dari kedua ahli media pembelajaran secara keseluruhan adalah 93%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-modul dalam pembelajaran di SD Masuk dikategorikan sangat baik. Selain itu, hasil uji validitas praktisi menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 90,15% (sangat baik), dan respon siswa mencapai 92% (sangat baik). Oleh karena itu, penggunaan e-modul dalam pembelajaran matematika layak digunakan dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Diharapkan guru dapat menggunakan e-modul ini sebagai alat bantu dalam mengajar matematika kepada siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : pemahaman siswa, simetri lipat, pelajaran matematika
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3135

Actions (login required)

View Item
View Item