DEWI NURHIDAYATI (2023) PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA MATERI HURUF KAPITAL SISWA KELAS II SD NEGERI DONAN 06. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Latar belakang penelitian ini dilakukan karena tingkat keterampilan menulis materi huruf kapital di kelas II SD Negeri Donan 06 masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis pada materi huruf kapital menggunakan kartu huruf pada siswa kelas II SD Negeri Donan 06. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif pada penelitian ini berupa observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data kuantitatif diperoleh melalui soal tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Donan 06 dengan jumlah 30 siswa terdiri dari 13 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan menulis pada materi huruf kapital di kelas II SD Negeri Donan 06. Pada prasiklus diperoleh hasil ketuntasan keterampilan menulis materi huruf kapital secara klasikal 50%. Pada siklus I mengalami peningkatan hasil keterampilan menulis materi huruf kapital sebesar 73,3% dan siklus II sebesar 90%. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena sudah memenuhi indikator keberhasilan klasikal sebesar 70%. Kategori keberhasilan pada penelitian ini yaitu sangat baik.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Huruf Kapital, Keterampilan Menulis, dan Media Kartu Huruf |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3132 |