Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Pedekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Media Realia Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV

DWI MONICA ISTIGHOZAH (2023) Penerapan Pedekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Media Realia Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyaknya materi yang dipelajari di dalam IPA mengakibatkan minat siswa terhadap pelajaran IPA menjadi berkurang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) menggunakan media realia materi hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus yang dibagi 4 tahapan pembelajaran yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian adalah siswa kelas IV SD Al-Irsyad Tegal Tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 siswa. Data yang diperoleh hasil belajar siswa dengan melakukan pre test, formatif dan hasil observasi siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 12,32% dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan 42%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model CTL dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SD Al-Irsyad Tegal materi hubungan struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, Contextual Teaching and Learning, media realia, IPA kelas IV.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3127

Actions (login required)

View Item
View Item