MUTIARA RIANGQUDU (2023) Apakah Media Papan Segitiga AjaibMampu Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VPada Materi Matematika MenghitungKecepatan dan Debit ? Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media Papan Segitia Ajaib dapatmeningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi matematika menghitung kecepatan dan debit di kelas V.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Adapun subjekpenelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa, terdiri atas kelompok eksperimen 3 siswa laki-laki 4siswi perempuan dan kelompok kontrol 3 siswa laki-laki 4 siswi perempuan. Kelompok eksperimen diajarkandengan menggunakan media Papan Segitia Ajaib, sedangkan kelompok kontrol diajarkan dengan media papantulis biasa. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis dalam bentuk soal esai dan dianalisismenggunakan uji-t secara manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan mediaPapan Segitia Ajaib memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan denganmedia papan tulis biasa. Terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa pada kedua kelompok, namunpeningkatan yang lebih signifikan terjadi pada kelompok eksperimen yang menggunakan media Papan SegitiaAjaib. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media Papan Segitia Ajaib dapatmeningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi matematika menghitung kecepatan dan debit di kelas V.media ini dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam mengajar matematika agar hasil belajar siswa dapatmeningkat.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Media Papan Segitiga Ajaib, matematika, kecepatan dan debit |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3123 |